0
ilustrasi
ERA212 -- LAPAN turut berpartisipasi pada Sidang Asia Pacific Regional Space Agency Forum ke-26 yang diselenggarakan pada 26-29 November di Nagoya Convention Hall, Jepang. APRSAF-26 ini diawali dengan side events diantaranya Kompetisi Roket Air, Space Applications For Environment (SAFE) Workshop dan Kibo-ABC Workshop yang diselenggarakan pada 22-25 November 2019. (baca)

Dalam sesi paralel, LAPAN mengikuti kegiatan Space Applications Working Group (SAWG), Space Technology Working Group (STWG), Space Education Working Group (SEWG), dan Space Environment Utilization Working Group (SEUWG).

Sekretaris Utama LAPAN, Prof Erna Sri Adinigsih dalam Space Applications Working Group (SAWG) memaparkan pemanfaatan teknologi data dan aplikasi penginderaan jauh guna mendukung pencapaian target SDGs di Indonesia seperti perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana. Sedangkan untuk Space Education Working Group (SEWG), Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, Christianus Dewanto memaparkan kegiatan edukasi keantariksaan yang telah dilaksanakan LAPAN di Indonesia selama tahun 2019. Dalam sesi ini juga disampaikan kegiatan Space Awareness Enhancement yang telah dilaksanakan di Pusat Sains Antariksa LAPAN.

Sementara itu, pemaparan mengenai kegiatan teknologi keantariksaan di Indonesia disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi dalam sesi Space Technology Working Group (STWG). Disela-sela kegiatan Working Groups, Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin melakukan wawancara dengan jurnalis Nikkei Asian Reviews yang tertarik dengan program dan tren perkembangan komersial keantariksaan di Indonesia.

Pada sesi side event Kibo-ABC Workshop, peneliti Pusat Sains Antariksa, Rasdewita Kesumaningrum menyampaikan persiapan seleksi nasional lomba Kibo 1st Robotic Programming Challenge, pengiriman Asian Herbs in Space (AHiS), dan perencanaan uji coba antariksa Asian Try Zero G (ATZG) yang diselenggarakan oleh Pusat Sains Antariksa. Ia juga menyampaikan kegiatan LAPAN dalam framework Space Environment Utilization Working Group.

Pada hari yang sama, sebagai calon tuan rumah penyelenggaraan APRSAF-28 tahun 2020, LAPAN diundang untuk menghadiri pertemuan Executive Committee (ExComm) yang pesertanya terdiri dari 2 (dua) Negara tuan rumah sebelumnya, dan 2 (dua) tuan rumah yang akan datang, serta tim secretariat ExComm.

Post a Comment

 
Top